Selasa, 14 Mei 2013

Kantor Merek Nike Indonesia Didemo



Mereka menuntut perwakilan Nike di Indonesia untuk membayar upah yang layak bagi pekerja.
Selasa, 28 Juli 2009, 13:52 Arinto Tri Wibowo, Nerisa 

berita tentang merek nike

VIVAnews - Sekitar 20 orang dari aliansi Indonesia Anti Sweatshop Network melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).
Mereka menuntut perwakilan Nike di Indonesia untuk membayar upah yang layak bagi pekerjanya. Perwakilan Nike di Indonesia berkantor di Tower 2, lantai 24, gedung BEI, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman (SCBD), Jakarta.
Berdasarkan pantauan VIVAnews, pengunjuk rasa mulai mendatangi kantor Nike di Indonesia sekitar pukul 12.00 WIB, Selasa 28 Juli 2009. Mereka kemudian melakukan orasi di halaman depan gedung BEI dan membagikan selebaran. Selain menuntut upah yang layak, pengunjuk rasa meminta kebebasan berserikat buruh di pabrik, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, serta mengakui perjanjian kerja bersama antara serikat buruh dan pengusaha di pabrik.
Berdasarkan selebaran yang dibagikan pengunjuk rasa, sesuai laporan 2004, buruh Nike di Indonesia hanya dibayar sekitar US$ 2 per pasang sepatu dari harga sepasang sepatu US$ 75-200.
Dalam selebaran itu juga disebutkan bahwa Nike Indonesia mengontribusi sekitar 20 persen dari total produk Nike di dunia.
Selama aksi berlangsung, penjagaan oleh satuan pengamanan gedung dan aparat kepolisian cukup ketat.

arinto.wibowo@vivanews.com

0 ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...